Kamis, 07 April 2011

Elevator



hm...

kepikiran... tentang sesuatu yg ga penting2 amat sih,... yah.. sesuai dengan tagline blog ini lah yah hihihi... useless and unreal.. hihihi...

kepikiran apa sih?? itu loohh... a vertical transport vehicle that efficiently moves people or goods between floors of a building.. hahaha...

hm... it's like 6 tahun terakhir.. gw pasti ketemu lift dalam kehidupan sehari2 gw.. ahhaha... kenapa 6 taun? karena efektif sejak gw kuliah di B*NUS, transportasi utama gw ya itu.. lift itu.. secara dolo jaman SMU makenya tangga... ahahha... kagak keren amat ah smu gw :p

jadi begini kejadiannya...

di kantor gw tuh lift utama ada 4 biji, menghubungkan kurang lebih 18 lantai, 1 lantai Mezzanine, 1 lantai Lower Ground, dan 2 buah Basement.. jadi berapa tuh ya? (jawab: 22 lantai).. waktu mau naik, gw mencet tombol UP dunx... lalu gw memandangi indikator lantai di tiap pintu elevator dan menunggu salah satu dari ke-4 elevator ini kebuka, buat akhirnya gw masuk dan dibawa ke lantai yang gw mau...

tiba2 kepikiran...

:: dengan asumsi bahwa setiap lantai bisa menekan tombol UP dan DOWN dalam waktu yang random dan/atau bisa juga bersamaan..

1. bagaimana cara ke-empat elevator ini membagi traffic nya sehingga ga ada elevator yang terlalu sering berhenti atau sebaliknya..
2. bagaimana cara ke-empat elevator ini membagi waktu penjemputan ke setiap lantai, sehingga, TANPA mengabaikan point nomor 1 di atas, setiap lantai yang menunggu elevator tidak ada yang menunggu terlalu lama.
3. adakah mekanisme dimana keempat elevator dapat membagi traffic... sehingga tidak ada kasus "lift yang selalu penuh" ...

dan gw baru sadar... kasus no 2 sama 3 applicable juga buat busway system hahaha....

hmmhh... andai gw masih mahasiswa komputer saat ini, mungkin sangat menarik buat gw bikin simulasi program dan memecahkan teka-teki tersebut di atas... sayangnya... wooyy.. idup gw udah penuh ahahhaha...

soooo.... anyone with any enlightments.. come to me pleasee... i'd love to hear "the elevator story" hihihihi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar